[PENGABDIAN] Desa Gunung Sari Kembangkan Wisata bersama Prodi Teknik Informatika 

Desa Gunung Sari, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun telah lama ini mengembangkan desa wisata dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Jalan masuk dari arah timur Kota Madiun memiliki kepadatan lalu lintas yang tinggi. Perjalanan yang panjang dan melelahkan menjadi kesempatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk menjadi tempat singgah sementara yang ideal.

Bersama dengan Program Studi Teknik Informatika, Desa Gunung Sari telah berhasil mengembangkan situs web dan aplikasi. Website dengan alamat gunsatravelling.com dan aplikasi bernama Gunungsari Guide ini diluncurkan pada Sabtu, 13 November 2021. Langkah pembangunan situs web ditujukan untuk menyediakan informasi wisata di Gunung Sari yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Aplikasi Guide berbasis mobile dibangun dengan tujuan untuk memandu wisatawan yang hadir dengan berbagai fitur yang disediakan.

Salah satu wisata unggulan yang diusung adalah Pasar Pundensari. Keunikan terasa sangat kental dengan budaya yang senantiasa terjaga. Pasar Pundensari menyuguhkan banyak acara kebudayaan dan kuliner tradisional setiap hari minggu. Alat transaksi yang digunakan juga unik, berupa uang pering atau uang yang terbuat dari bambu. Selain itu masih banyak sekali obyek wisata yang disediakan di sekitar Pasar Pundensari yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Informasi lebih lanjut : https://www.solopos.com/keren-desa-wisata-gunungsari-madiun-luncurkan-website-aplikasi-guide-1194664