[PENGABDIAN] Integrated Digital Business Bangkitkan Batik Lestari 

Batik Lestari merupakan kelompok batik yang tergabung dalam UMKM di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Kelompok batik tersebut mulai dirintis sejak tahun 2013 dan berhenti sejak pandemi melanda tahun 2020. Kondisi Batik Lestari selama pandemi ibarat hidup tak segan, mati tak mau. Proses produksi berhenti dan anggota kelompok keluar satu per satu. Alasan utama yang diutarakan karena sepinya permintaan. Program Studi Teknik Informatika, Universitas PGRI Madiun, hadir mencari solusi untuk menyelamatkan Batik Lestari agar kembali ke masa jayanya.

Solusi yang ditawarkan adalah memperkenalkan Integrated Digital Business ke kelompok batik Lestari. Pendekatan tersebut diharapkan mampu mengatasi masalah permintaan produksi melalui perencanaan pemasaran yang baik. Dengan permintaan produksi yang datang kembali, semoga Batik Lestari kembali berproduksi dan menjalankan roda perekonomian kembali.

Informasi lebih lengkap : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/389821/bangkitkan-produk-batik-lestari-tim-unipma-kenalkan-integrated-digital-business/