Kabar Gembira, Kota Madiun jadi Zona Hijau COVID-19 Pertama di Jawa Timur 

Merdeka.com - Kota Madiun ditetapkan berstatus zona hijau COVID-19. Daerah ini menjadi yang pertama berstatus zona hijau di Provinsi Jawa Timur.

Meskipun demikian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan supaya warga Kota Madiun tetap mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, sebagaimana dikutip dari Antara (21/6). Khofifah meminta warga tidak lengah dan tetap disiplin menaati protokol kesehatan.

 

"Meski sudah berstatus zona hijau atau tidak terdampak penularan COVID-19, bukan berarti warga Kota Madiun kemudian lengah untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan," ujar Khofifah di Surabaya, Sabtu malam (20/6).

Protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik dan sosial, mengenakan masker hingga mencuci tangan dengan sabun harus terus dilakukan hingga pandemi COVID-19 ini benar-benar berakhir.

Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jatim yang statusnya berubah menjadi zona hijau atau daerah yang berhasil mengontrol penyebaran COVID-19.

Hal tersebut sebagaimana diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dinilai dari 15 indikator epidemiologis.

Menurut Gubernur Khofifah, sobat paling mujarab untuk saat ini yakni disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Khofifah mengapresiasi status Kota Madiun sebagai zona hijau. Menurutnya, hal itu sebagai bukti nyata menghadapi pandemi COVID-19. Ia juga berharap perubahan menjadi status hijau bisa menular ke daerah-daerah lainnya di Jatim.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, tingkat kematian nol atau CFR nol persen di Kota Madiun. Sementara, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah setempat selama tiga bulan tercatat hanya ada tujuh orang.