[PENDIDIKAN] Virtual TVET Student Exchange with Malaysia in 2022 

Betul Betul Betul...

Kali nii kita nak belajar dari negera seberang, negera jiran, Malaysia. Frizsa Dias Puspitasari, Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas PGRI Madiun, berhasil lolos untuk pertukaran Mahasiswa di SEA-TVET (South East Asian - Technical and Vocational Education and Training) Consortium. Program ini telah diidentifikasi sebagai salah satu dari tujuh bidang prioritas untuk pengembangan pendidikan di Asia Tenggara dari tahun 2015 hingga 2035. Hal ini secara resmi dikonfirmasi oleh para menteri pendidikan Asia Tenggara pada pertemuan Strategic Dialogue of Education Ministers (SDEM) yang diadakan di Laos pada bulan September 2014. 

Frizsa akan belajar selayaknya mahasiswa POLISAS (Politeknik Haji Ahmad Syah) Malaysia. Perkuliahan dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei hingga 10 Juni 2022. Beberapa matakuliah yang diikuti antara lain ada kelas web development, intrepreneurship, dan personal development. Selain itu ada juga kegiatan slot kebudayaan yang menampilkan budaya2 yang ada di Indonesia dan Malaysia. Minggu terakhir diadakan kegiatan latihan industri dan project di koperasi POLISAS. Pertemuan paling akhir dari kegiatan tersebut diadakan seminar untuk mempresentasikan hasil project-nya.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu wadah Frizsa untuk berbagi kebudayaan dengan Malaysia. Dia berhasil memperkenalkan Madiun dan daerah sekitarnya di dunia internasional, seperti Pencak Silat, Pecel, Dongkrek, Brem, Reog, dan lain sebagainya. Hadirnya program ini menjadi salah satu penunjang dalam pendidikan di Program Studi Teknik Informatika untuk mengenal dunia industri dalam negeri dan luar negeri. Frizsa sebagai salah satu Mahasiswa yang terpilih diharapkan dapat berbagi pengalaman, pelajaran, dan kesan pesannya kepada yang lainnya untuk belajar lebih baik lagi dan lagi.

"Tahniah Frizsa, kami berbangga. Serahkan salam kami ke Malaysia...."